MesakkeBangsakuBali by Pandji Pragiwaksono

 Penuh tawa, menambah wawasan dan membuka mata tentang Indonesia

baliLuar biasa. Mungkin 2 kata itu yang dapat aku ungkapkan untuk malam yang hebat, 09 November 2013. Ya, pada hari itu giliran Bali yang dikunjungi oleh Tour MesakkeBangsaku dari komika nasional Pandji Pragiwaksono. Acara ini disponsori oleh @smartfrenworld, salah satu provider di Indonesia yang sudah sering mendukung acara standup comedy. Sebagai salah satu pencetus boomingnya standup comedy di Indonesia, Pandji terbilang sangat berhasil membuat malam itu sebagai malam yang sulit untuk dilupakan.

Sukses acara ini sudah tercium dari awal penjualan tiket di Bali. Rencana awal dari penjualan tiket yang dibantu oleh teman-teman Standup Indo Bali (komunitas stand up comedy Bali), adalah 50 tiket online dan 150 tiket offline. Tapi, belum sampai sehari, 50 tiket online sudah dipesan dan banyak yang request untuk tambahan kuota online. Dan kuota pun ditambah menjadi 100, tidak lama dari itu, habis lagi. “Gilak” bathinku, benar-benar luar biasa antusiasnya masyarakat Bali dengan acara ini. Dan pada akhirnya tiket tidak ada yang dijual offline, karna kurang dari 2 x 24 jam, 200 online tiket ludes dipesan. Woohh !!

Yang lebih luar biasa lagi, antusias penonton bukan hanya dari masyarakat Bali, tapi kita juga kedatangan teman-teman dari Lombok, Stand Up Indo Lombok. Gilak, mereka bela-belain bermotor ria dari Lombok ke Bali untuk MesakkeBangsaku. Mengagumkan :’). Gak heran kalo banyak yang kecewa dan nyesel karna gak kebagian tiket karna telat mesen. Dan banyak juga yang berharap ada tiket lepas atau hangus.

Pukul 19.00 wita, acara dimulai. Sangat tepat waktu. Karna menurut Pandji “Bukan menunggu yang telat, tapi menghargai yang tepat”. Acara malam itu dipandu oleh salah satu komika Standup Indo BaliYullianto Lin biasa dipanggil Liant, dan merupakan salah satu opener MesakkeBangsaku untuk kota Solo. Liant berhasil menghangatkan suasana malam itu dengan joke-joke ringannya (maklum, komika juga, hehe).

Agam

Agam

Dan penampilan pertama malam itu dibuka oleh salah satu komika muda berbakat dari Standup Indo Bali, Agam Zahid. Kenapa aku bilang muda, karna Agam masih kelas 3 SMA. Ya, 3 SMA. Dan menurutku itu sesuatu yang luar biasa. Dan kenapa aku bilang berbakat, karna Agam ini sudah beberapa kali menjadi opener untuk event-event stand up comedy yang ada di Bali. Bukan cuma itu, Agam juga pernah menjadi semifinalis street comedy 3. Dan menjadi wakil Bali untuk ke Jakarta. Keren. Dan Agam membuka malam itu dengan ciri khasnya. Act out, ekspresi dan materi-materinya yang cenderung membuat geli dan jijik, berhasil membuat suasana panas di awal. Aku rasa sangat pantas jadi #smartcomic untuk MesakkeBangsakuBali. Standing Applause!!

Babe

Babe

Setelah Agam, barulah muncul sang opener tamu, Babe Cabiita. Ya, Babe Cabiita, Juara Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 3. Betapa beruntungnya Bali mendapat opener Babe, karena setiap kota yang dikunjungi Tour MesakkeBangsaku openernya beda-beda. Dengan ciri khasnya yang membuat geli, cara dia menertawakan dirinya sendiri sampai kata-kata andalannya “Ah sudahlah …” pun berdengung pada malam itu. Sekitar hampir 30 menit Babe menggemparkan panggung malam itu. Standing Applause yang kedua pantas diberikan!!

Setelah dua opener tadi, barulah giliran bintang dan headliner malam itu, Pandji

Pandji

Pandji

Pragiwaksono untuk tampil. Setelah set yang terdiri dari bangku, air mineral dan secangkir kopi siap, Liant menuntun para penonton untuk memanggil Si Empunya acara. Dengan diiringi lagu Borju dari salah satu grup rap favoritnya, Neo, Pandji mucul dan disambut dengan riuh tepuk tangan penonton. Tampil dengan kaos ‘Bali Tolak Reklamasi’ dan jas berwarna putih, Pandji menyapa seluruh penonton pada malam hari itu. Dan dengan duduk (mungkin namanya jadi sitting comedy :D), Pandji melemparkan joke, opini dan fakta yang beredar belakangan ini. Awesome!

Mulai dari membahas masalah kaum-kaum minoritas yang ada di Indonesia, keluarganya, sampai hal yang sangat menarik perhatianku yaitu masalah pendidikan untuk anak dan tentunya harapan untuk Indonesia agar tidak menjadi bangsa yang goblok.  Bagaimana Pandji menguliti satu per satu dari seluruh aspek itu, hingga menceritakan masa lalunya di sekolah yang lumayan, tragis. Kita para penonton dibawa sangat nyaman mengikuti alur cerita dari Pandji. Tak lupa juga act out yang menggelitik khas Pandji, hingga me-riffing salah satu penonton sampai mengorak-ngorek isi tasnya. Gokil, oleh sebab itu aku gak duduk paling depan. Hihi.

Aku sering nonton standup comedy di youtube, tapi gak seseru kalo nonton live. Suasananya, aura tawanya, beda banget. Sampai saking menikmatinya aku gak tau berapa lama Pandji standup malam itu. Mungkin 1.5 jam, atau mungkin lebih. Lupa deh. Pandji menutup malam itu dengan bit soal anaknya yang kocak, Dipo. Setelah closing, gemuruh tepuk tangan menggelegar malam itu. Beberapa orang memberikan Standing Applause, termasuk aku, yang memang pantas untuk diberikan. Sampai sesi foto-foto selesai aku masih menikmati suasana ruangan malam itu. Benar-benar luar biasa. Gak rugi rasanya untuk berebutan tiket dan melepas beberapa ribu untuk show yang hebat ini.

Jadi kata-kata Pandji yang masih aku inget “Jadi orang bodoh gak apa-apa, asal jangan jadi orang goblok. Orang bodoh bisa dikasik ilmu, tapi kalo orang goblok enggak.”

Sukses terus, Pandji Pragiwaksono. Terima kasih untuk malam yang hebat itu :’)

Pandji, Babe dan StandupIndoBali

Pandji, Babe dan StandupIndoBali

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

rajin ngopy itu baguss

tempatku menyimpan berbagai hal yang penting dan takpenting sekalipun... Yang Pasti bakalan berguna suatu hari nanti, buat gw ndiri atu yang laennya..

@ComicKomatKamit

a stand-up comedy blog by @ernestprakasa

standupindo

Standup Comedy Indonesia

@ernestprakasa

riveting roars of random rants

dimasmickey

A topnotch WordPress.com site

akaHIPHOP.com

Dedicated to Hip Hop and Freshness

adotcom2006

basket bersama

Oka Aprilianto

Mari Berbagi Ilmu

Espen Stenersrød- From Pen To Heart

Jack Kerouac with a scent of Henry Vaughn

%d bloggers like this: